SAGINAH, SAGINAH (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN (PTK di Satuan PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang). Skripsi thesis, Universitas Dehasen.
![]() |
Text
ABSTRACT_SAGINAH_ED-1.pdf Download (83kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok bermain di Satuan PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak kelompok bermain berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian melalui media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Pada siklus I sebesar 78% dan pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 94%. Simpulan melalui media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok bermain di Satuan PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang. Terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 94% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kata kunci: Kemampuan Membaca Permulaan Melalui, Kartu Kata Bergambar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | User 1 |
Date Deposited: | 11 Oct 2025 02:34 |
Last Modified: | 11 Oct 2025 02:34 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |