METODE GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTERDISIPLIN BELAJAR ANAK MELALUI LINGKUNGAN SEKOLAH

TWO ESSY DIOBA, ESSY (2022) METODE GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTERDISIPLIN BELAJAR ANAK MELALUI LINGKUNGAN SEKOLAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU.

[img] Text
TWO ESSY DIOBA.docx

Download (206kB)
[img] Text
TWO ESSY DIOBA.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Metode Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Belajar Anak Melalui Lingkungan Sekolah TWO ESSY DIOBA NPM.18200009 Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) UNIVED Bengkulu, 2022:69 Halaman Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui metode yang digunakan guru dalam membangun karakter disiplin belajar anak melalui lingkungan sekolah di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu, 2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam membangun karakter disiplin belajar anak melalui lingkungan sekolah di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu.Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Informan dalam penelitian ini sebanyak 2 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu dan guru.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data dari konsep Miles dan Huberamn, proses analisis data digunakan dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas sehinggah datanya sudah jenuh.Hasil penelitian menunjukkan metode yang digunakan guru dalam membangun karakter disiplin belajar anak melalui lingkungan sekolah di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu terdiri dari metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, dan perhatian atau pengawasan terhadap peraturan-peraturan yang ada disekolah dan sikap kehidupan sehari-hari seperti datang sekolah tepat waktu, antri dalam mencuci tangan, membereskan mainan, dan lain sebagainya. Faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam membangun karakter disiplin belajar anak melalui lingkungan sekolah di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu terbagi dalam faktor internal dan eksternal.Faktor pendukung dapat dilihat dari kesadaran siswa itu sendiri sedangkan faktor penghambat eksternal dapat dilihat dari faktor orang tua dan lingkungan. Kata kunci : Metode, Guru, Karakter, Disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: User 4
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:42
Last Modified: 17 Jan 2023 01:42
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item View Item