Analisis fungsi Media Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas 6 Sdn 06 Bengkulu Tengah)

OKTA POWANDI, POWANDI (2022) Analisis fungsi Media Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas 6 Sdn 06 Bengkulu Tengah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU.

[img] Text
OKTA POWANDI.pdf

Download (32kB)

Abstract

Analisis fungsi Media Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas 6 Sdn 06 Bengkulu Tengah) Okta Powandi,Yanto,Sapta Sari RINGKASAN Pandemi covid-19 mengharuskan pembelajaran di SDN 06 Bengkulu Tengah secara daring.Maka dari itu penelitian ini membahas tentang analisis fungsi media pembelajaran daring di era pandemic covid-19 pada siswa kelas 06 SDN 06 Bengkulu Tengah.Adapun informan dalam penelitian ini yaitu guru yang berjumlah 4 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil data yang penulis kumpulkan kemudian di analisis mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teory Sanjaya (2012) tentang 4 fungsi media pembelajaran daring di antaranya fungsi komunikatif, fungsi motivasi, fungsi penyamaan persepsi dan fungsi individualitas. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa. Fungsi komunikatif, guru memberikan materi dengan berbagai cara agar pemahaman siswa dalam berbicara di tempat umum dan bekerja sama dengan orang lain semakin baik. fungsi motivasi, guru lakukan dengan memberikan materi dan hiburan berupa video-video, agar siswa tidak bosan dan mendapatkan motivasi tersendiri dalam menonton dan mendengarkan materi. fungsi kebermaknaan mengunakan media guru tidak hanya meeningkatkan penambahan informasi,melainkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis dan mencipta, fungsi penyamaan persepsi ini tidak hanya guru lakukan kepada siswa melainkan kepada wali murid melalui rapat dalm memberikan informasi tentang pembelajaran daring, fungsi individualitas dalam minat gaya setiap siswa yang berbeda setiap guru di wajibkan dapat menyatukan pemahaman informasi dan materi yang sama walaupun minat gaya belajar yang berbeda. Kata Kunci:Fungsi Media, Guru, Siswa, SDN 06 Bengkulu Tengah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: User 4
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:28
Last Modified: 27 Jan 2023 00:35
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item