PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO CRP SEMBAKO DI MUKOMUKO

MAGDALENA SINURAT, RITA (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO CRP SEMBAKO DI MUKOMUKO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.

[img] Text
RITA MAGDALENA SINURAT .pdf

Download (48kB)

Abstract

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO CRP SEMBAKO DI MUKOMUKO Oleh Rita Magdalena Sinurat 1) Oni Yulianti dan Yun Fitriano2) RINGKASAN Persaingan dalam memasarkan produk ataupun jasa saat ini sangat pesat mengalami perkembangan. Untuk itu setiap pemilik perusahaan harus dapat menciptakan kualitas yang dapat meningkatkan kepuasan pada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Toko CRP Sembako di Mukomuko. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 orang pelanggan yang datang membeli bahan sembako dan kebutuhan lainnya di Toko CRP Sembako di Mukomuko. Teknik pengambilan sampel adalah teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena thitung lebih besar dari ttabel (2,155 > 1,662) dengan nilai signifikansi sebesar 0,034 < 0,05. Hal ini menggambarkan bahwa semakin meningkat kualitas pelayanan Toko CRP Sembako di Kabupaten Mukomuko maka kepuasan pelanggan akan semakin meningkat. Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena thitung lebih besar dari ttabel (3,786 > 1,662) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menggambarkan bahwa semakin meningkat harga yang diberikan oleh Toko CRP Sembako di Kabupaten Mukomuko maka harga akan semakin menurun. Promosi memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena thitung lebih besar dari ttabel (-2,125>1,662) dengan nilai signifikansi sebesar 0,037 < 0,05. Hal ini menggambarkan bahwa semakin meningkat promosi yang diberikan oleh Toko CRP Sembako di Kabupaten Mukomuko maka kepuasan pelanggan akan semakin meningkat. Hasil pengujian secara simultan dapat dilihat bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Toko CRP Sembako secara bersama- sama karena nilai Fhitung > Ftabel (8,286 > 2,71) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Kepuasan Pelanggan 1) Calon Sarjana Ekonomi (Manajemen) 2) Dosen Pembimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:03
Last Modified: 18 Jan 2023 02:03
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item