ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT AMEN KABUPATEN LEBONG

HENDRIEK MAHENDRY, HENDRIEK (2023) ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT AMEN KABUPATEN LEBONG. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
HENDRIEK MAHENDRY.pdf

Download (835kB)

Abstract

Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atau Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) harus selalu dilakukan secara berkala. Artinya pada setiap periode waktu tertentu harus dilakukan penelitian atau perhitungan dan analisis terhadap kepuasan masyarakat akan pelayanan yang telah diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pada Kantor Camat Amen Kabupaten Lebong. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 217 orang masyarakat Kecamatan Amen Kabupaten Lebong yang mendapakan pelayanan dari Kantor Camat Amen Kabupaten Lebong. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan pengukuran nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk kualitas pelayanan publik di Kantor Camat Amen Kabupaten Lebong adalah 79,20 dengan mutu pelayanan B dan penilain kinerja unit pelayanan adalah “Baik” karena berada pada interval nilai 76,61 – 88,30. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat yang menerima pelayanan dari Kantor Camat Amen Kabupaten Lebong menilai pelayanan yang diberikan oleh Kantor Camat Amen Kabupaten Lebong sudah baik. Unsur biaya/tarif mendapat penilaian tertinggi dengan nilai rata-rata 3,61 dengan kritieria penilaian Sangat Baik. Hal ini menggambarkan bahwa masyarakat menilai Kantor Camat Amen Kabupaten Lebong memberikan pelayanan dengan gratis tanpa dipungut biaya. Nilai kepuasan terendah adalah 2,80 yaitu sistem, meknismed an prosedur. Hal ini mengambarkan bahwa prosedur pelayanan yang ada di kantor Camat Amen belum maksimal karena pengurusan dokumen yang masih berbelit-belit seperti syarat yang kurang, pejabat yang menandatangani dokumen tidak ditempat. Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 4
Date Deposited: 04 Nov 2023 06:57
Last Modified: 04 Nov 2023 06:57
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item