TIKTOK SEBAGAI MEDIA KREASI OLEH KONTEN KREATOR DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK

Winda Putriani, Winda (2023) TIKTOK SEBAGAI MEDIA KREASI OLEH KONTEN KREATOR DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
WINDA PUTRIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

TikTok sebagai media kreasi dalam mempromosikan produk di media sosial dengan konten yang kreatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiktok sebagai media kreasi oleh konten kreator dalam mempromosikan produk, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan teori yang di gunakan bauran promosi menurut Rangkuti (2009) yaitu Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relation), Penjualan Personal (Personal selling) dan Pemasaran Langsung (Direct Marketing). Hasil penelitian ini menunjukan TikTok sebagai media kreasi oleh konten kreator dalam mempromosikan produk pemilik akun TikTok @enny_230221 telah berhasil menerapkan lima alat bauran promosi. Periklanan promosi produk es jagung embul oleh akun tiktok @enny_230221 melalui media social tiktok. Untuk promosi penjualannya yaitu melalui video konten aktivitas saat berjualan es jagung embul. Hubungan masyarakat @enny_230221dengan cara aktif memberikan tanggapan dan selalu menjawab secara positif setiap komentar atau masukan. Selanjutnya untuk penjualan personal di lakukan secara langsung oleh @enny_230221pada saat berjualan es jagung embul di lokasinya. Sedangkan pemasaran langsung @enny_230221memanfaatkan fitur komentar dan direct message untuk berkomunikasi secara langsung dengan penonton. Bauran promosi yang telah dilakukan oleh Eni Lestari secara keseluruhan berhasil dengan baik, karena mendapatkan tanggapan positif dari konsumen. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pembeli Es Jagung Embul, kesuksesan promosi ini berdampak positif pada peningkatan omset penjualan setiap harinya. Secara keseluruhanpemilik akun tiktok @enny_230221 telah menjalankan konsep strategi bauran promosi dengan baik. Kata Kunci : TikTok,Media Kreasi,Konten Kreator, Promosi Produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:33
Last Modified: 08 Nov 2023 01:33
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item