PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HASANUDIN DAMRAH MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

AHMAD PAJRI, AHMAD PAJRI (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HASANUDIN DAMRAH MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
AHMAD PAJRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh Kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pasien (Y) RS Umum Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk semua pasien. Hal ini guna memberikan kepuasan untuk semua pasien yang ada di RS Umum Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80 oran g pasien RS Umum Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, regresi linier sederhana, normalitas, koefisien determinasi, koefisien korelasi, uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien RS Hasanuddin Damrah Kabupaten Bengkulu Selatan. Maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Analisis regresi linier sederhana menunjukkan Y = 4.666 + 0.770 (X) hal ini menggambarkan arah regresi positif. Artinya terdapat pengaruh positif antara Kualitas Pelayanan (X) terhadap Kepuasan Pasien (Y). Ini berarti setiap variabel Kualitas Pelayanan meningkat maka Kepuasan Pasien akan ikut meningkat. Hasil uji t taraf signifikan 0.05. Pada tabel 4.10 dapat dilihat bahwa T hitung (12.133) > T tabel (1.990), maka hipotesis diterima menjelaskan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien RS Hasanuddin Damrah. Besarnya nilai koefisien determinasi adalah 0.645. hal ini menunjukkah bahwa Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien adalah sebesar 65.4% sedangkan sisanya 34.6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:20
Last Modified: 17 Nov 2023 02:20
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item