YUNI YULIARTI, YUNI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK KELOMPOK B MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI PAUD HARAPAN BUNDA KABUPATEN SELUMA. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.
Text
YUNI YULIARTI.pdf Download (710kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak kelompok B Di PAUD Harapan Bunda Kabupaten Seluma. Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas, prosedur yang digunakan berbentuk siklus (cycle). Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis pada anak kelompok B menggunakan media gambar seri pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II didapati peningkatan sebesar 96%. Simpulan penelitian bahwa melalui penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak. Terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 96% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Media Gambar Seri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | User 1 |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:38 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:38 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1373 |
Actions (login required)
View Item |