EVANTRI, SANJAYA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS6 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 03 BENGKULU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.
Text
EVANTRI SANJAYA_ABSTRACT.pdf Download (188kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash cs6 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A dan B SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan yang berjumlah 61 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu 20 butir soal pilihan ganda, yang mana instrument tersebut telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari pretest dan posttest kelas kontrol dengan rata-rata 63 dan 69 dengan selisi peningkatan hasil belajar sebesar 6%. sedangkan hasil dari pretest dan posttest kelas eksperimen dengan rata-rata 61 dan 82 dengan selisi peningkatan hasil belajar sebesar 21%, Yang menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasi adobe flash cs6. Hasil penelitian dengan pengujian paired sampel test menunjukan bahwa nilai asym sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 dimana t hitung lebih besar dari t tabel 14,843 > 2,045 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima yang artinya adanya pengaruh media pembelajaran interaktif berbasi adobe flash cs6 terhadap hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasi adobe flash cs6 (X) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen VII B SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Kata Kunci : Media pembelajaran interaktif, hasil belajar, informatika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer |
Depositing User: | User 4 |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 01:32 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 01:32 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1519 |
Actions (login required)
View Item |