NOVINA, RAHMADHANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKL PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA SMK NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.
Text
Novina Rahmadani-abtrak.pdf Download (189kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AKL Pada Mata Pelajaran Informatika SMK Negeri 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Desain dalam penelitian ini menggunakan two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X AKL SMK Negeri 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 68 orang siswa. sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi, tes dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X AKL pada mata pelajaran informatika, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran inquiry terbimbing adalah 29,85 dan setelah diberikan perlakuan model pembelajaran inquiry terbimbing menjadi 81,47. Hasil uji T menunjukkan nilai t hitung > t tabel (26,107 > 1,692), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inquiry terbimbing dengan hasil belajar siswa kelas X AKL pada mata pelajaran informatika dan dilihat dari hasil kuesioner dengan jumlah rata-rata terbanyak 4,56 siswa menyatakan sangat setuju bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X AKL pada mata pelajaran informatika SMK Negeri 5 Kota Bengkulu. Kata kunci : Model Pembelajaran Inqury Terbimbing, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer |
Depositing User: | User 4 |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 01:36 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 01:36 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1520 |
Actions (login required)
View Item |