WIWIN IRIANTO, SAPUTRA (2024) PENERAPAN METODE HOLT-WINTER EXPONENTIAL SMOOTHING DALAM PREDIKSI JUMLAH SISWA/I BARU DI SMA NEGERI 09 BENGKULU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.
Text
Wiwin Irianto Saputra_abstrak.pdf Download (82kB) |
Abstract
Penerimaan siswa baru merupakan aktivitas rutin setiap Tahun Ajaran yang dilakukan di sekolah. SMA Negeri 09 Bengkulu Selatan merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bengkulu Selatan yang setiap Tahun Ajaran melaksanakan penerimaan siswa baru. Jumlah siswa/i baru dilakukan berdasarkan jenis kelamin siswa/i baru (laki-laki dan perempuan) dan kelompok usia (14-15 tahun, 16-17 tahun, dan 18-19 tahun). Penerapan Metode Holt-Winter Exponential Smoothing dalam prediksi jumlah siswa/i baru di SMA Negeri 09 Bengkulu Selatan dapat mempermudah dalam mendapatkan informasi prediksi jumlah siswa di sekolah pada Tahun Ajaran baru yang akan datang, dimana prediksi jumlah siswa/i baru dilakukan berdasarkan jenis kelamin siswa/i baru (laki-laki dan perempuan) dan kelompok usia (14-15 tahun, 16-17 tahun, dan 18-19 tahun). Berdasarkan data yang didapatkan dari SMA Negeri 09 Bengkulu Selatan, diperoleh hasil prediksi jumlah siswa/i tahun ajaran 2024/2025 yaitu jenis kelamin laki-laki kelompok usia 14-15 tahun sebanyak 65 siswa/i, jenis kelamin perempuan kelompok usia 14-15 tahun sebanyak 42 siswa/i, jenis kelamin laki-laki kelompok usia 16-17 tahun sebanyak 31 siswa/i, jenis kelamin perempuan kelompok usia 16- 17 tahun sebanyak 25 siswa/i, jenis kelamin laki-laki kelompok usia 18-19 tahun sebanyak 3 siswa/i, dan jenis kelamin perempuan kelompok usia 18-19 tahun sebanyak 5 siswa/i. Sehingga total prediksi jumlah siswa/i baru sebanyak 171 siswa/i. Kata Kunci : Metode Holt-Winter Exponential Smoothing, Prediksi, Jumlah Siswa/i
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Jeffry Adi Nugraha |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:36 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:36 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1566 |
Actions (login required)
View Item |