GIRANA DEA, SYAFIRA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA ( PIK R) MERPATI PADA PROGRAM GENERASI BERENCANA DI SMKN 3 KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
Abstract
Program Genre adalah wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, sex pranikah dan narkotika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja ( PIK R ) Merpati pada Program Generasi Berencana di SMKN 3 Kota Bengkulu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan model komunikasi difusi inovasi Everett M. Rogers yang terdiri dari : pengetahuan, persuasi, keputusan, dan konfirmasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, PIK R Merpati SMKN 3 Kota Bengkulu memberikan pengetahuan terhadap pentingnya menjaga kesehatan reproduksi remaja hanya dengan melakukan sosialisasi secara langsung pada saat orientasi siswa( MOS) untuk siswa siswi SMKN 3 Kota Bengkulu yaitu melalui pertemuan rutin kepada anggota PIK R Merpati. Selanjutnya pengetahuan juga dilakukan dengan sosialisasi tidak langsung melalui akun Instagram @pikrmerpatismkn3. Kedua,Persuasi pelatih PIK R Merpati yaitu dengan cara memberikan apresiasi siswa siswi berupa hadiah karena aktif dalam edukasi menjaga kesehatan reproduksi remaja. Media sosialisasi yang digunakan oleh PIK R Merpati yaitu dengan cara menyebarluaskan video dan pamplet di media sosial akun Instagram @pikrmerpatismkn3 seperti animasi, dan kartun. Ketiga,Keputusan siswa siswi SMKN 3 Kota Bengkulu adalah mayoritas menerima sedangkan hanya satu siswa yang menolaknya. Keempat,Konfirmasi siswa siswi SMKN 3 Kota Bengkulu menerima dengan baik edukasi menjaga kesehatan reproduksi remaja dengan alasan menganggap pentingnya informasi tersebut. Sedangkan siswa yang menolak edukasi dikarenakan tidak mendapatkan izin dari orang tuanya. Strategi Komunikasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja ( PIK R ) Merpati pada Program Generasi Berencana di SMKN 3 Kota Bengkulu sudah berjalan dengan baik namun belum sepenuhnya maksimal dikarenakan jumlah pengikut peserta PIK R Merpati belum menunjukkan angka peningkatan jumlah pengikut kegiatan PIK R secara signifikan setiap tahunnya,dikarenakan strategi komunikasi lebih memfokuskan sosialisasi dengan tatap muka sedangkan sosialisasi melalui media hanya akun Instagram sebaiknya lebih banyak lagi melibatkan media sosial sebagai media edukasinya. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Difusi Inovasi, Pusat Informasi dan Konseling Remaja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Jeffry Adi Nugraha |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 01:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 01:13 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1885 |
Actions (login required)
View Item |