MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MEDIA LESUNG ANGKA ( PTK Di PAUD Oryza Sativa Kabupaten Kepahiang)

Lensi, Juliana (2025) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MEDIA LESUNG ANGKA ( PTK Di PAUD Oryza Sativa Kabupaten Kepahiang). Skripsi thesis, Universitas Dehasen.

[img] Text
Lensi Juliana_ED.pdf

Download (83kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan berpikir simbolik pada anak dengan menggunakan media lesung angka di PAUD Oryza Sativa Kabupaten kepahiang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga Classroom action research dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di PAUD Oryza Sativa kabupaten Kepahiang yang berjumlah 20 orang anak. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitaif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan presentase. Hasil peningkatan kemampuan berpikir simbolik pada anak dengan menggunakan media lesung angka di PAUD Oryza Sativa kabupaten Kepahiang pada siklus I dengan presentase 31,87%, di siklus ke II dengan presentase 51,25%, dan siklus III dengan presentase 85,31%. Kesimpulan penelitian bahwa menggunakan media lesung angka dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak di PAUD Oryza Sativa, terbukti pada siklus III terjadi peningkatan dengan hasil presentase pencapaian sebesar 85,31% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Simbolik, Media Lesung Angka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: User 1
Date Deposited: 11 Oct 2025 04:06
Last Modified: 11 Oct 2025 04:06
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2331

Actions (login required)

View Item View Item