PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. INDOMARCO ADI PRIMA BENGKULU

ARLINA, ARLIN (2022) PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. INDOMARCO ADI PRIMA BENGKULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU.

[img] Text
ARLINA.pdf

Download (187kB)

Abstract

PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. INDOMARCO ADI PRIMA BENGKULU Oleh Arlina1 Ermy Wijaya2 dan Nurzam3 RINGKASAN Mencermati kondisi perekonomian saat ini, kegiatan bisnis menjadi sangat beraneka ragam. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya wirausahawan yang menciptakan berbagai peluang bisnis dalam melakukan persaingan, upaya mempertahankan. Maka, PT. Indomarco Adi Prima cukup menarik perhatian dan minat konsumen membeli produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, merek dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Indomarco Adi Prima Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan instrumen penelilitan yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji koefesien determinasi, uji t, dan uji f, dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang responden, dengan teknik accidental sampling. Hasil menunjukan bahwa regresi linier berganda Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + e atau Y = -1,489 + 0,161 (X1) + 0,069(X2) + 0,809(X3) + 1.072, artinya terjadi hubungan positif atau searah terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di PT. Indomarco Adi Prima. Sedangkan untuk hasil uji persial variabel keragaman produk (X1) menunjukan thitung 2.641 > ttabel 1.991 dan sigfinikasi 0,010 < 0,05, maka hipotesa Ha diterima dan Ho ditolak, berarti keragaman produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) Hasil uji Merek (X2) menunjukan nilai thitung 1.763 < ttabel 1.991 dan signifikasi 0,085 > 0,05, maka hipotesa Ha ditolak dan Ho diterima, berarti merek (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Hasil uji harga (X3) menunjukkan thitung 16.420 > ttabel 1.991 dan signifikasi 0,000 < 0,05, maka hasil dari hipotesa Ha diterima dan Ho ditolak, berarti harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Kemudian hasil uji simultan, menerima hipotesa atau menerima Ha dan menolak Ho artinya terdapat pengaruh antara keragaman produk (X1) merek (X2) dan harga (X3) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di PT. Indomarco Adi Prima Bengkulu sebesar 595.615. Hasil uji regresi linier berganda bahwa koefensi regresi anatara keragaman produk (X1), merek (X2) dan harga (X3) bernilai positif, artinya terjadi hubungan positif atau searah terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di PT. Indomarco Adi Prima. Kata kunci: Keputusan pembelian konsumen, keragaman produk, merek, harga 1. Siswa 2. Pengawas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 4
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:56
Last Modified: 16 Jan 2023 01:56
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item