HESTI, MERIANI (2025) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENERAPAN METODE MONTESSORI (PTK di Satuan PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang). Skripsi thesis, Universitas Dehasen.
![]() |
Text
Abstract_Hesti Meriani-MFE.pdf Download (127kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode montessori dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di Satuan PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada kelompok B berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Hasil perkembangan kognitif anak melalui penerapan metode montessori pada kelompok B di Satuan PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang, pada siklus I sebesar 72% dan pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 99%. Simpulan melalui penerapan metode montessori dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak. Terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 89% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kata kunci: Perkembangan Kognitif, Metode Montessori.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | User 1 |
Date Deposited: | 11 Oct 2025 02:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2025 02:50 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |