FETRI, APRIYANI (2025) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI PERMAINAN CABUT UBI (PTK di PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang). Skripsi thesis, Universitas Dehasen.
![]() |
Text
Abstract_Fetri Apriyani-MFE (1).pdf Download (127kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui permainan cabut ubi dapat meningkatkan perkembangan perilaku prososial pada anak kelompok B di Satuan PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada kelompok B berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian melalui permainan cabut ubi dapat meningkatkan perkembangan perilaku prososial pada anak kelompok B di Satuan PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang, pada siklus I sebesar 78% dan pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 98%. Simpulan melalui permainan cabut ubi dapat meningkatkan perkembangan perilaku prososial pada anak. Terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 89% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kata kunci: Development of Prosocial Behavior, Pulling Sweet Potato Game.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | User 1 |
Date Deposited: | 11 Oct 2025 02:54 |
Last Modified: | 11 Oct 2025 02:54 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |