MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE PROBLEM SOLVING (PTK di TK Rukun Lingkar Barat Kota Bengkulu)

MEPI, RESANDA PUTRI (2025) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE PROBLEM SOLVING (PTK di TK Rukun Lingkar Barat Kota Bengkulu). Skripsi thesis, Universitas Dehasen.

[img] Text
Mepi Resanda Putri.pdf

Download (252kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui apakah melalui metode problem solving dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak di TK Rukun Lingkar Barat Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak kelompok bermain berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I sebesar 74,16% (BSH) dan pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 98%. Simpulan melalui metode problem solving dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak. Terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 89% (BSB). Kata kunci: Perkembangan Kognitif, Metode Problem Solving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: User 1
Date Deposited: 11 Oct 2025 02:59
Last Modified: 11 Oct 2025 02:59
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item